Beranda Headline 6 Wisata Alam di Bengkulu untuk Mengisi Libur Akhir Pekan

6 Wisata Alam di Bengkulu untuk Mengisi Libur Akhir Pekan

279
BERBAGI
Pantai Tapak Paderi Bengkulu (foto : istimewa/Hipwee)

PROBENGKULU.COM – Kota Bengkulu identik dengan bunga Rafflesia Arnoldi. Bunga ini memiliki ukuran paling besar di dunia, dengan diameter sampai dengan 100 cm. Selain itu, Bengkulu juga dikenal sebagai tempat pengasingan Presiden RI pertama, Bung Karno dan wisata alam yang tak kalah indah dari daerah lain di Indonesia.

Penasaran obyek wisatanya apa saja? Berikut daftar wisata alam Bengkulu untuk mengisi akhir pekan Anda,

1. Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi Bengkulu (foto : istimewa)

Pantai yang memiliki garis pantai panjang dan indah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pantai Tapak Paderi awalnya adalah pelabuhan laut pertama yang ada di Bengkulu yang bermanfaat sebagai pendukung transportasi laut Pemerintah Inggris yang lokasinya dekat dengan Benteng Marlborough.

Keindahan yang dapat dinikmati? Dari pantai ini Anda bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam dan dari atas Tapak Paderi akan terlihat cantiknya laut Bengkulu.

Kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan ketika berada di sini selain main di pantai dan main pasir adalah menyusuri kawasan pantai dan menikmati lezatnya jagung bakar.

2. Pantai Panjang

Pantai Panjang Bengkulu (foto : istimewa)

Pantai Panjang mempunyai garis pantai yang panjang, sesuai dengan namanya yaitu mencapai 7 km. Fasilitas yang tersedia di obyek wisata Bengkulu yang satu ini tergolong lengkap mulai dari penginapan, area bermain anak-anak, pusat belanja, sampai dengan restoran dan café serta area olahraga, semuanya tersedia.

Apabila ditempuh dari pusat kota, kita membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan jarak kurang lebih 3 km. Keindahan pantai ini terletak pada pepohonan cemara dan pinus yang banyak tumbuh di bibir pantai, pasir putih halus dan bersih, serta sunset yang menawan.

Adapun kegiatan yang dapat dilakukan ketika berada di Pantai Panjang antara lain adalah jogging, bermain voli pantai, serta surfing menaklukkan ombak pantai ini. Jika Anda merasa lapar, silakan memilih tempat makan yang banyak terdapat di sekitar Pantai Panjang. Pilih yang sesuai dengan selera Anda.

3. Pulau Tikus

Pulau Tikus di Curup (foto : istimewa)

Tempat wisata di Bengkulu yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah pulau tikus. Pulau Tikus memiliki luas sekitar 1,5 hektar. Ini adalah salah satu pulau yang ada di Bengkulu yang sekelilingnya memiliki terumbu karang luas.

Terumbu karang ini adalah benteng alami yang melindungi Pulau Tikus dari abrasi yang disebabkan oleh gelombang air laut yang besar. Daya tarik dari Pulau Tikus adalah panorama alam yang mempesona, air laut yang bening, batu karang cantik serta ikan berwarna-warni. Di sini kita bisa melakukan snorkeling untuk melihat lebih dekat batu karang yang cantik itu.

Letaknya 10 km sebelah barat Kota Bengkulu. Pulau ini berhubungan langsung dengan Samudera Hindia. Untuk mencapai obyek wisata Pantai Tikus, kita dapat sewa kapal dari Pantai Jakat dengan waktu tempuh selama kurang lebih 1 jam. Kalau sewa boat, waktu tempuhnya akan lebih singkat yaitu sekitar 40 menit apabila kita dari Pelabuhan Pulau Baai.

Dahulu pantai ini dimanfaatkan sebagai tempat kapal-kapal berlindung dari dahsyatnya ombak Samudera Hindia. Sayangnya terumbu karang di Pulau Tikus, lama kelamaan menjadi rusak. Hal ini terjadi akibat ulah manusia yang merusak ekosistem terumbu karang itu. Abrasi yang kian cepat dari tahun ke tahun yang melanda Pulau Tikus menyebabkan luas pulau semakin menyempit.

4. Sungai Berau

Seperti halnya tempat wisata di Blitar yang memiliki objek wisata arung jeram, Obyek wisata Bengkulu yang selanjutnya adalah Sungai Air Berau. Ini cocok sekali bagi anda yang suka petualangan. Di sungai ini Anda bisa melakukan olahraga arung jeram yang dapat memicu adrenalin. Arus sungai yang begitu deras membuatnya pas untuk melakukan arung jeram.

Selain itu, yang menjadi daya tarik obyek wisata yang satu ini adalah adanya upacara adat bernama upacara anak daro mandi ke air, maksudnya adalah upacara memandikan bayi baru lahir ke Sungai Air Berau.

5. Pantai Teluk Sepang

Bagi Anda yang ingin melakukan olahraga selancar atau pecinta selancar, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Teluk Sepang yang memiliki ombak setinggi 3-4 meter ini. Kawasan ini tak hanya ramai kunjungan wisatawan lokal, tetapi juga pelancong asing yang tertantang untuk menaklukkan ombak Teluk Sepang.

Keindahan alam di pantai teluk sepang ada banyak pemandangan indah yang dapat Anda saksikan seperti pasir pantai, pohon dan tumbuhan unik, besung yang menjulang. Keindahan alam pantai ini yang membuatnya banyak dikunjungi wisatawan lokal.

6. Air Terjun Curup

Tempat wisata di bengkulu yang paling indah berikutnya adalah air terjun curup. Apabila Anda tengah berada di Bengkulu, jangan lupa juga untuk datang melihat keindahan air terjun ini. Dengan alam hijau di sekitarnya dan juga adanya danau, sangat menarik dijadikan destinasi wisata keluarga.

Air terjun Curup memiliki banyak keunikan yang dapat membuat Anda menikmati wisata alam dari provinsi Bengkulu ini, diantaranya adalah ada beberapa air terjun, bukan hanya satu saja. Air dan pemandangan yang sangat menonjol di sekelilingnya.

Selain itu air terjun ini juga memiliki batu batuan serta dangkal yang memuatnya dapat dijadikan tempat berendam bagi wisatawan.

(isk/bbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.