Beranda AutoTech Yamaha MT-15 Akhirnya Meluncur, Tampangnya Garang Abis

Yamaha MT-15 Akhirnya Meluncur, Tampangnya Garang Abis

316
BERBAGI
Yamaha MT-15 (ist)

PROBENGKULU.COM – Setelah dinanti cukup lama oleh penggemar otomotif roda dua, akhirnya Yamaha meluncurkan sepeda motor sport naked baru berkapasitas mesin 150 cc. Motor yang diberi nama MT-15 itu dihadirkan secara perdana di Thailand.

Dilansir dari Greatbiker, Senin 8 Oktober 2018, sebelumnya motor itu terlihat sedang diuji jalan di Indonesia. Banyak yang mengira, MT-15 adalah varian terbaru dari Yamaha Xabre.

Secara tampilan, kedua motor itu memiliki kemiripan. Mulai dari penggunaan rangka Deltabox, lengan ayun berbahan aluminium hingga suspensi depan model up-side down atau USD.

Yamaha MT-15 (ist)

Namun, MT-15 tampilan depannya jauh lebih sangar. Bentuk bodinya juga lebih kekar dari Xabre. Lampu depan terbagi menjadi tiga, dua di bagian atas dan satu di bawah.

Sama seperti Xabre, MT-15 baru ini mengusung mesin satu silinder berkapasitas 150 cc. Basis mesinnya sama seperti yang dipasang di V-Ixion dan R15 terbaru. Mesin mampu menghasilkan tenaga 19 daya kuda dan torsi 14,7 Newton meter.

Harga Yamaha MT-15 dibenderol 98.500 Baht Thailand atau sekitar Rp 45,7 juta.

Model sebelumnya, Yamaha M-Slaz atau yang di Indonesia dikenal dengan Yamaha Xaber dijual 89,500 Baht Thailand atau sekitar Rp 41,5 juta. Sebagai informasi, Xabre saat ini dijual di Indonesia dengan harga Rp 30 jutaan.

Jadi, dari M-Slaz ke MT-15 memang mengalami kenaikan sebesar Rp 4,2 juta.

Bila dibandingkan dengan Yamaha R15, MT-15 sama-sama menggunakan rangka deltabox, suspensi depan upside down dan swing arm aluminium.

Selain itu, mesinnya juga sama dengan Yamaha V-Ixion R dan All New R15.

Paling Ditunggu

Mungkin bisa dibilang kalau salah satu motor lansiran Yamaha ini menjadi motor yang paling ditunggu oleh kalian para penyuka roda dua. Bagaimana tidak? Dari pertengahan tahun foto-foto spyshot dari penerus Xabre ini sudah berseliweran di media sosial.

Hal tersebut dikarenakan pendahulunya yang memang sudah populer dengan membawa desain ala minor fighter, desain yang berani dan berbeda untuk sebuah motor street fighter pada masanya.

Yamaha MT-15 (ist)

Untuk mesinnya sendiri, Yamaha tetap mencomot langsung dapur pacu dari R15 untuk saudara jalanannya ini. Dengan masih berkonfigurasi single cylinder 4-valve berkapasitas 155cc yang dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA), mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 19 hp dan torsi 14,7 Nm.

Mesin ini juga ditunjang dengan girboks 6-percepatan yang pastinya juga sudah dilengkapi Assist & SlipperClutch agar perpindahan gigi menjadi lebih halus dan efisien. Ya untuk bagian yang ini memang sepertinya MT-15 benar-benar menjadi versi naked sebuah R15. Tetapi apakah jika sampai di Indonesia nanti ada yang berubah dari sang Yamaha MT-15 2019 ini? Sayang pihak Yamaha Indonesia masih bungkam akan hal tersebut.

Apakah Yamaha MT-15 2019 terbaru ini sanggup melawan motor-motor di kelasnya seperti contoh Honda CB150R ExMotion? Dari segi desain, dua motor tersebut memang memiliki ciri khasnya masing-masing. ExMotion bergaya neo-retro, sedangkan MT-15 maju dengan style modern street fighter seperti keluarga MT yang lain. Untuk segi performa? Lihat saja nanti.

(adm/viva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.