Ketua DPRD BU Saksikan Launching Unit Kerja Keimigrasian

oleh -254 Dilihat
Launching Unit Kerja Keimigrasian

PRO BENGKULU – Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, Sonti Bakara, SH bersama segenap unsur Forkopimda Bengkulu Utara mendampingi Bupati dalam kegiatan peresmian Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kantor Imigrasi kelas I TPI Bengkulu di Ketahun, Jumat, 07 Juli 2023.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD BU mengungkapkan, dengan dilaksanakan peresmian UKK ini merupakan sejarah di Bengkulu karena hampir selama 40 tahun hanya terdapat 1 Kantor Imigrasi yaitu di Kota Bengkulu.

Keberhasilan tersebut, kata Sonti Bakara, tidak lepas dari peran besar dari semua pihak, baik dari kantor wilayah, pemkab, dan stakeholder untuk mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat di daerah melalui UKK.

“UKK tersebut nantinya akan memberikan pelayanan keimigrasian bagi WNI berupa paspor dan WNA untuk izin tinggal keimigrasian. Selain itu kehadiran UKK akan memperkuat sistem pemantauan dan pengawasan keimigrasian di daerah,” ucap Sonti Bakara, Jumat.

Diharapkan olehnya, UKK ini menjadi cikal bakal pembetukan Kantor Imigrasi Kelas III. Sehingga dengan adanya UKK ini pelayanan keimigrasian dapat lebih cepat kepada masyarakat di Bengkulu Utara dan sekitarnya.

Bupati Bengkulu Utara (Mian) pada kesempatan itu juga menjelaskan UKK ini bukan hanya digunakan untuk masyarakat Bengkulu Utara, tetapi juga untuk kabupaten sekitar agar dapat mempersingkat rentang waktu tanpa harus ke kantor pusat di provinsi Bengkulu.

Tujuan lain dari diresmikannya UKK tersebut adalah untuk memperkenalkan Bengkulu Utara ke dunia luar, selain itu dengan adanya UKK ini juga untuk memperpendek rentang kendali layanan dimana pelayanan Keimigrasian bagi Warga dapat lebih cepat dan optimal.

“Mengingat kita satu satunya kabupaten yang memiliki UKK, maka kabupaten tetangga juga dapat menggunakan kantor ini untuk mempersingkat waktu tanpa harus ke kantor pusat di Bengkulu,” ucap Bupati.

Bengkulu Utara merupakan satu satunya kabupaten yang memiliki UKK, maka kabupaten tetangga juga dapat menggunakan kantor ini untuk mempersingkat waktu tanpa harus ke kantor pusat di Bengkulu.

“Tujuan kita adalah untuk memperkenalkan Bengkulu Utara ke dunia luar, dengan terbitnya pasport di UKK ini maka akan kelihatan daerah asal yaitu Bengkulu Utara,” tambahnya.

Hadir peresmian tersebut, Plt. Kepala Kanwil Kemenkumhan Provinsi Bengkulu, Unsur Forkopimda Bengkulu Utara, Asisten I dan II Setdakab Bengkulu Utara, Jajaran OPD Bengkulu Utara, Camat Ketahun, serta Forum Komunikasi Kepala Desa se Kecamatan Ketahun. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *